Jumat, 26 Januari 2018

#WeekendPost Opini: Wanita dan Pendidikan



Hello,

Saya mengawali dengan quotes dari Dian Sastro. Ini pertama kalinya saya membagikan tentang opini-opini saya di blog ini, kedepannya blog ini bukan hanya untuk review tetapi saya ingin blog ini tumbuh dengan opini-opini dan segala hal yang bisa bermanfaat untuk readers blog ini.

Kali ini saya mengangkat issue tentang Wanita dan Pendidikan. Saya menyetujui sekali apa yang dikatakan Dian Sastro tersebut, wanita juga harus berpendidikan dan cerdas karena wanitalah yang menjadi pondasi untuk anak-anaknya kelak dan melahirkan anak-anak cerdas. Seringnya saya sangat sedih dengan pandangan sebelah mata dari beberapa mindset orang Indonesia yang berpikir jika wanita memiliki pendidikan tinggi-akan susah mendapatkan jodoh dan segala hal tersebut. Contohnya saya dalam beberapa kali setiap kali bertemu dengan teman-teman orang tua saya, saya sering ditanya "ngapain sih sekolah tinggi-tinggi? kapan coba mau nikahnya kalau sekolah terus?". Selain itu saya pernah ketemu Bapak gojek yang berbicara saya seperti ini "mba gak usah sekolah tinggi-tinggi deh nanti susah cari jodoh." Pasti sedih ya mendengar mindset-mindset beberapa orang seperti tadi disaat kita sedang menjalani pendidikan tersebut. 

Hal-hal seperti ini yang bikin mengelus dada untungnya keluarga saya memang sangat menginginkan saya dan kedua sepupu saya yang kami bertiga adalah perempuan dan menginginkan kami berpendidikan tinggi. Jadi ketika ditanya begitu saya hanya tersenyum manis saja. 

Bagi saya sendiri memiliki pendidikan yang tinggi adalah keharusan bagi wanita-lihatlah wanita-wanita hebat diluar sana yang cerdas, berpendidikan tinggi tetapi life balance mereka sangat baik. Hal inilah yang harus mereka tekankan bagi para wanita, jika ia berkarir dan memiliki pendidikan yang baik-ia juga harus bisa membagi waktu dengan baik yaitu baik itu untuk keluarga atau kehidupan mereka saat itu. Saya sangat senang berkenalan dengan wanita-wanita hebat diluar sana entah sebagai wanita yang memiliki karir tinggi atau entrepreneur bagi saya sebagai wanita, wanita-wanita seperti ini patut dicontoh bagaimana ia mengatur waktu dengan kehidupannya juga keluargannya dan juga dapat bermanfaat bagi lingkungan sekiitarnya. Wanita berpendidikan itu walau memiliki karir tinggi, ia akan mengerti bagaimana cara membagi waktu untuk dirinya dan keluarganya. Ia tidak akan melupakan kodratnya sebagai istri juga. 

Ketika menjadi wanita berpendidikan tinggi maka kita sebagai wanita akan terbiasa dengan kata 'mandiri'-sudah mengerti bagaimana seorang wanita seharusnya mandiri dan tidak memiliki ketergantungan kepada orang lain. Ini noted banget bagi saya sebagai seorang wanita, saya tidak ingin terlalu tergantung dengan seseorang, walau itu juga perlu tetapi ada kalanya kita sebagai perempuan harus mandiri. Saya sejak kecil sudah dibiasakan orangtua saya untuk mandiri, dari kecil saya sudah terbiasa naik pesawat sendiri sejak sd sehingga ketika saya memutuskan untuk kuliah di luar kota kelahiran saya-saya sudah tidak kagok, bahkan dari masuk sma sampai sekolah master saya sekarang semuanya saya urus sendiri. Papah dan mamah terima beres saja tau-tau anaknya diterima sma terus S1 dan selanjutnya S2 (walau saat ini financial saya masih dipegang oleh orangtua saya) tetapi sebagian sekarang sudah tertutupi dengan saya bekerja contohnya ketika saya membeli keperluan saya diluar kuliah seperti baju atau makeup, papah dan mamah sudah tidak mengurusi hal tersebut. 

Selain itu bagi saya, wanita ketika ia cantik mungkin akan terkikis oleh umur tetapi jika pendidikan maka ia akan kekal abadi bukan? Selain itu kelak seorang wanita akan mendidik anaknya di dunia saat ini dengan teknologi yang semakin tinggi maka ia akan lebih mudah dan mengetahui apa yang akan ia lakukan untuk anak-anaknya. Tentu saja di zaman yang semakin maju semakin sulit untuk membimbing anak-anak kelak, ketika kita memiliki pendidikan tinggi hal ini akan membantu kita kelak mendidik anak-anak kelak. Saya pernah mendengar ceramah dari ustadz Khalid Basalamah yang mengatakan kecerdasan dan sifat seorang anak itu berasal dari Ibunya dan wajah akan cenderung mengikuti keluarga Ayah-jika kita ingin anak-anak kita cerdas maka jadilah perempuan cerdas juga. 

Selain itu, apakah wanita berpendidikan tinggi akan susah mendapat jodoh? Bagi saya jodoh,rizki dan semuanya sudah diatur oleh Allah jadi semuanya sudah diatur oleh Allah. Alhamdulillah saat ini saya didampingi pasangan yang selalu support saya dalam berkarir, sekolah dan Alhamdulillah lelaki ini mendukung saya melakukan berbagai macam hal.  Doakan lelaki inilah yang akan terus mensupport saya sampai nanti ya insyaAllah. 

Jadi bagi para wanita yang tetap ingin berpendidikan tinggi tetaplah bertahan dengan pendirian kalian, tidak usah takut dengan omongan-omongan orang anggap aja angin lalu dan bagi kalian wanita berpendidikan tinggi jadilah kalian menjadi wanita yang menginspirasi setiap orang dan juga wanita yang tetap memegang teguh kodratnya sebagai seorang wanita. 

Love,

MeiszAdilla

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for stopping!

You might also like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...